Written By Unknown on Tuesday, January 12, 2016 | Tuesday, January 12, 2016

Yosh Minna.. disini ada yang suka sama game RPG nggak?? atau yang biasanya main game JPRG pasti suka dong..
Yak langsung saja, bagi kamu yang ingin bisa membuat game RPG-mu sendiri atau berkelompok, kamu bisa menggunakan software yang satu ini!
Namanya RPG Maker. Software ini dapat membantu kalian untuk menuangkan kreatifitas!

RPG Maker : Software JOS Pembuat Role Playing-Game!

Sekilas tentang RPG Maker :

Menurut Wikipedia.org,  RPG Maker, yang dikenal di Jepang sebagai RPG Tsukūru (RPG ツ ク ー ル?, Kadang-kadang diromanisasi sebagai RPG Tkool), adalah nama dari serangkaian program untuk pengembangan game role-playing (RPG) pertama kali diciptakan oleh ASCII grup Jepang, kemudian berhasil oleh Enterbrain. Nama Jepang, Tsukūru, adalah plesetan pencampuran tsukuru Jepang kata (作 る), yang berarti "membuat" atau "menciptakan", dengan Tsuru (ツ ー ル), transkripsi Jepang dari kata Inggris "alat".

RPG Maker : Software JOS Pembuat Role Playing-Game!
RPG Maker MV
Beberapa seri RPG Maker (Wikipedia.org) :

1. RPG Maker 95
Ini adalah software pertama RPG Maker berbasis Windows Microsoft. Meskipun versi awal, RPG Maker 95 memiliki baik resolusi layar yang lebih tinggi, dan sprite dan ubin resolusi lebih tinggi dari beberapa versi berikut.

2. RPG Maker 2000
Versi ini, juga disebut sebagai RM2k, adalah rilis kedua RPG Maker untuk Microsoft Windows dan adalah yang paling populer dan digunakan RPG Maker sejauh ini. Meskipun dimungkinkan untuk berbuat lebih banyak dengan RM2k, menggunakan sprite resolusi yang lebih rendah dan ubin dari RPG Maker 95. Namun, itu tidak memiliki batas yang nyata 'sprite'. Tidak seperti RM95, yang hanya dapat menggunakan satu 'set', RM2k dapat menggunakan jumlah yang tidak terbatas lembar sprite dengan ukuran tertentu untuk setiap jenis. The tilesets juga memiliki non-batasan yang sama. Namun, karena ubin harus dimasukkan ke dalam database, ada batas pada ubin. Batas ini namun jarang masalah (biasanya 5000), dan bahkan ketika itu, patch tidak resmi ada yang dapat bertemu paling batas jauh lebih tinggi dengan risiko potensial korupsi game.

3. RPG Maker 2003
Yang satu ini, juga disebut sebagai RM2k3, dan kadang-kadang RM2k / 3, sebagian besar perbaikan dari RM2k. RM2k game dapat porting ke RM2k3 (tapi tidak kembali ke RM2k, konversi adalah permanen), dan sebagian besar sumber daya yang dipertukarkan. Perbedaan utama adalah pengenalan sistem pertarungan sisi-pandangan mirip dengan yang ditemukan dalam Final Fantasy game di Super Nintendo. Ini adalah versi pertama yang dibuat oleh Enterbrain, yang sebelumnya menjadi bagian dari ASCII.

4. RPG Maker XP
Versi ini, juga disebut sebagai RMXP, adalah RPG Maker pertama yang bisa menggunakan Ruby, sehingga yang paling kuat, pemrograman-bijaksana. Namun, banyak yang normal, disederhanakan fitur yang ada di RM2k telah dihapus. Kebanyakan dari fitur ini, bagaimanapun, telah diprogram dengan Ruby, dan didistribusikan secara online. RMXP berjalan pada resolusi 1024x768 (meskipun game buatan berjalan pada 640x480), sementara menawarkan empat kali luas dimainkan dari pendahulunya. Selain itu, hal itu memungkinkan kontrol yang lebih besar pengguna atas ukuran sprite (tidak ada regulasi ukuran gambar tertentu untuk lembaran sprite) dan aspek lain dari desain game. Ini pengaturan yang lebih terbuka, ditambah dengan masuknya Ruby Game Scripting System (RGSS), membuat RPG Maker XP lebih fleksibel daripada versi lama dalam seri, pada biaya kurva belajar lebih curam. Setelah peluncuran Windows Vista, banyak pengguna mengalami masalah kompatibilitas, meskipun memperbaiki relatif sederhana. XP menggunakan front-pandangan non-sprite sistem pertarungan yang memungkinkan untuk penggunaan latar belakang Pertempuran (Battlebacks). Kedua karakter dan musuh memiliki sprite pertempuran statis, dan antarmuka yang cukup sederhana.

5. RPG Maker VX
Yang satu ini, juga disebut sebagai RMVX, tanggal rilis di Jepang adalah 27 Desember 2007, dan tanggal rilis resmi di Amerika adalah 29 Februari 2008. Dalam pembuat baru ini, antarmuka yang lebih user-friendly, yang memungkinkan pengguna baru untuk membuat game dengan mudah. Framerate meningkat menjadi 60 frame per detik, memberikan animasi lebih halus dibandingkan dengan 40fps sering-berombak RMXP ini. Bahasa pemrograman Ruby masih dilaksanakan, dan program default permainan telah dirombak untuk memungkinkan lebih banyak kebebasan untuk scripting yang di fitur baru. New Editor dan RTP baru disertakan, kali ini dalam lebih sederhana "kuning" gaya. Sistem pertempuran adalah sebanding dengan seri Dragon Quest atau pendahulunya RM2k, dengan pandangan frontal dari medan perang dan teks rinci deskripsi dari setiap tindakan yang diambil. Salah satu kelemahan penting dari versi sebelumnya, bagaimanapun, adalah kurangnya dukungan untuk beberapa tilesets ketika pemetaan, meninggalkan pemain dengan hanya jumlah terbatas ubin yang unik yang dapat digunakan untuk menggambarkan semua lingkungan permainan. Beberapa workarounds pemain buatan ada, tapi ini tetap menjadi titik sakit antara banyak pengguna RMVX.

Versi ini, juga dikenal sebagai VXAce atau hanya "Ace", dirilis oleh Enterbrain. Ini dirilis di Jepang pada CD dan digital download pada 15 Desember 2011. Album ini dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 15 Maret 2012 sebagai download digital. Itu kemudian dibuat tersedia melalui Steam, dan juga sekarang tersedia sebagai CD fisik. RPG Maker VX Ace pada dasarnya merupakan versi dirombak dari RPG Maker VX, dan menghapus masalah dengan beberapa tilesets. Latar belakang pertempuran diperkenalkan kembali, dan dipisahkan menjadi dua bagian atas dan bawah. Mantra, keterampilan, dan barang-barang semua bisa sekarang memiliki kerusakan dan pemulihan sendiri rumus mereka, meskipun metode perhitungan cepat mengingatkan pada yang lebih tua RPG Makers tersedia. VX RTP didesain ulang untuk VX Ace, dan soundtrack baru yang menampilkan kualitas yang lebih tinggi lagu techno-pop ini dimasukkan. Dengan rilis VX Ace datang dalam jumlah besar Paket Sumberdaya DLC, resmi ditawarkan oleh Enterbrain, dan juga tersedia melalui Steam.
RPG Maker : Software JOS Pembuat Role Playing-Game!
RPG Maker VX Ace
Ace saya rekomendasikan untuk membuat game simulasi kehidupan atau Visual Novel!

7. RPG Maker MV
Judul terbaru dalam seri ini RPG Maker MV. Pertama kali diumumkan pada Weekly Famitsu, itu termasuk sejumlah perbaikan lebih dari versi sebelumnya, memiliki dukungan multi-OS, side-view pertempuran dan dukungan resolusi tinggi. Album ini dirilis pada tanggal 23 Oktober 2015 dan diterbitkan oleh Degica.

Semua seri RPG maker memang berbayar, tetapi kamu dapat mendapatkannya secara gratis dengan crack!

Baca Juga : Download RPG Maker VX Ace Full version with RTP

G+

Anda baru saja membaca artikel tentang RPG Maker : Software JOS Pembuat Role Playing-Game!. Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan masukan email anda dibawah ini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel terbaru dari IMAZUMI
feedburner

0 comments:

Post a Comment

Tanya? Request? Silahkan..
Asal jangan SPAM!

IMAZUMI © 2014. All Rights Reserved.
Template SimpleCips By SEOCIPS.COM , Powered By Blogger